Sabtu, 08 Mei 2010

UNTUK PESERTA UJIAN YANG BELUM BERHASIL

Ujian adalah bagian dari hidup. Pada dasarnya kita semua diberi hidup oleh Tuhan untuk dihadapkan kepada berbagai macam ujian. Adakalanya manusia menghadapi ujian dalam bentuk apapun diberikan oleh Allah sebuah kesuksesan besar, tanpa ada kendala sedikitpun, ada juga yang sering harus berulang-ulang untuk meraih sukses dalam ujian hidup, dan ada pula yang tak pernah sukses.

Apakah itu takdir?.
Oleh karena itu Allah mengajarkan kepada kita agar kita selalu berusaha dan berdoa seperti difirmankan Allah dalam surat Yusuf ayat 67 sebagai berikut:
Dan Yakub berkata: "Hai anak-anakku janganlah kamu (bersama-sama) masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berlain-lain; namun demikian aku tiada dapat melepaskan kamu barang sedikit pun daripada (takdir) Allah. Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah; kepada-Nya-lah aku bertawakal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakal berserah diri".

Nah, mungkin kalian yang belum berhasil pada Ujian kemarin termasuk yang diingatkan dalam ayat ini, kalian belum diperkenankan oleh Allah S.W.T masuk bersama-sama rekanmu untuk meraih sukses yang kemarin, tetapi kamu insya Allah akan diperkenankan masuk pintu sukses mu pada Ujian pengulangan tanggal 17 Mei 2010, maka pengalaman kegagalanmu mengingatkanmu untuk tetap bertwakkal berdoa kepada Allah sambil belajar lebih baik lagi sehingga Allah berkenan merubah nasibmu menjadi lebih baik sebagaimana firman Allah dalam Surat Al Ahzab ayat 17 sebagai berikut :
Katakanlah: "Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?" Dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung dan penolong selain Allah.

Bagi siswa yang belum berhasil LULUS janganlah kalian berputus asa, tetapi jadilah siswa yang optimis ( percaya diri dan penuh harapan ) bahwa esok kamu akan menuai keberhasilan yang gemilang di ujian ulangan esok. Belajarlah yang baik atur waktu yang ada, dirikan sholat dimalam hari berdoalah dan berserahlah diri kepada yang Kuasa agar kalian dimudahkan dalam menghadapi soal dan ditunjukkan kepada yang benar, serta mintalah bantuan doa dari orang tuamu, saudaramu, teman-temanmu.

Semoga kalian SUKSES. Amiiin