Minggu, 09 Mei 2010

Ekspektorant ( Obat Batuk ) Kapulaga

Batuk? dikapulaga saja. Itu kira-kira pengganti ucapan dalam iklan obat batuk. Kapulaga adalah sejenis tanaman semak yang memiliki Khasiat luar biasa. Aromanya yang khas sering digunakan untuk penyedap masakan.
Ternyata buah tanaman semak ini dapat pula digunakan untuk ramuan pereda gangguan tenggorokan. Kapulaga mengandung minyak atsirinya bermanfaat sebagai pengencer dahak atau ekspektoran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa minyak astiri sineol berkhasiat sebagai ekspektoran , si karminatif yang juga dimanfaatkan pada obat masuk angin. Sineol yang serupa tetapi tak sama dengan eukaliptol kayu putih ini lebih pedas, tetapi sejuk saat ditelan. Biasa dipakai untuk membuat peppermint palsu.

Selain batangnya, biji kapulaga yang diambil dari tumbuhan sebelum buah masak benar sering dimanfaatkan sebagai bahan baku ramuan. Biji kapulaga yang telah kering sering disebut semen cardamomi. Bagian lain yang digunakan untuk ramuan adalah akar dan buah. Kandungan kimia dalam kapulaga di antaranya minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein gula, dan sedikit lemak. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat ekspektoran, peluruh kentut (antimasuk angin), dan antibatuk.

Pakai saja buah kaulaga untuk pengobatan dan pencegahan batuk dan masuk angin, dan yang pasti penggunaan tidak membawa efek samping sebagaimana obat kimia.
Selamat mencoba