Senin, 05 April 2010

Anak-Anak Sekolah Sebaiknya Tidak Membawa Sepeda Motor Kemana-Mana

Anak-anak yang masih belum cukup umur memang tidak pantas berada di jalanan membawa kendaraan bermotor. Akan tetapi tidak jarang kita melihat ada anak kecil yang membawa motor. Anak sekolah baik smp maupun sma pun banyak yang membawa motor ke sekolah mereka.

Tidak sadarkah kita bahwa anak-anak belum dewasa. Sepeda motor adalah kendaraan yang memiliki kecepatan tinggi yang apabila ditabrakkan ke orang bisa menyebabkan kematian. Pelajar sd, smp dan sma yang berusia di bawah 17 tahun belumlah dewasa, sehingga sangat memungkinkan untuk menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Orangtua yang salah paham biasanya menganggap anak yang masih kecil bisa bawa motor adalah hal yang membanggakan. Banyak orang tua yang mengajarkan anak di bawah umur untuk mengendarai sepeda motor maupun mobil. Padahal anak-anak itu membawa sepeda kayuh biasa pun bisa jatuh dan menabrak sesuatu.

Bayangkan jika anak-anak belum cukup umur itu dengan ego melakukan kebut-kebutan di jalan raya atau lalai di jalan. Mereka bisa terbunuh sia-sia dan juga menyengsarakan orang lain. Bila mereka nabrak pun umumnya mereka akan lari (tabrak lari) tidak mau bertanggungjawab. Orang tua pun akan menyesal ketika semua sudah terlambat.

Oleh karena itu sebaiknya pihak orangtua, lingkungan tempat tinggal dan sekolah melarang anak kecil membawa kendaraan bermotor demi keselamatan kita bersama